Oli Mesin Motor – Oli mesin tidak dapat dianggap remeh jika Anda ingin berkendara dengan nyaman dan aman. Ini karena oli menjaga mesin dari kerusakan yang dapat merembet pada komponen-komponen lain pada motor Anda. Konsumsi oli menjadi penting Anda perhatikan, baik itu dari sisi kualitas maupun volumenya. Jika oli tidak berkualitas dan tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda, risiko motor rusak semakin besar.

Demikian pula, jika volume oli tidak dalam batas normal, berkurang dari yang seharusnya, kendaraan Anda juga berpotensi menimbulkan masalah. Tidak ada salahnya Anda memperhatikan tanda-tanda oli mesin motor Anda mulai berkurang bahkan habis. Berikut ini beberapa tandanya.


Oli Mesin Motor

Suhu Mesin Jadi Lebih Tinggi

Banyak tanda oli mesin motor Anda berkurang atau habis, salah satu di antaranya adalah suhu mesin menjadi lebih tinggi. Ini bisa dirasakan di area blok mesin ke arah kaki yang sebelumnya tidak Anda rasakan. Jangan biarkan hal ini terjadi karena berkendara Anda menjadi tidak nyaman. Segera bawa ke bengkel untuk diservis dan diperiksa oli mesinnya jika Anda tidak mampu mengatasinya sendiri.

Mesin Lebih Cepat Panas

Selain suhu lebih tinggi, mesin motor Anda juga bisa lebih cepat panas jika oli berkurang. Tanda ini bisa Anda rasakan saat berkendara, mesin lebih cepat panas dari yang seharusnya masih normal untuk jarak tertentu. Ketidaknyamanan ini perlu Anda akhiri agar aktivitas Anda kembali normal, menyenangkan, dan tidak berisiko gagal karena motor bermasalah.

Warna Oli Jadi Hitam Pekat

Tanda oli mesin berkurang juga dapat dilihat dari warna oli yang berubah menjadi hitam pekat. Teksturnya pun encer. Ini karena oli sudah tercampur dengan banyak zat. Jika tanda ini yang Anda lihat, segera ganti oli Anda agar mesin tidak rusak, yang bisa berakibat pada rusaknya komponen-komponen lain pada motor Anda.

Piston Macet

Anda juga patut curiga jika piston terkunci atau macet. Itu bisa menjadi tanda oli mesin motor Anda berkurang dan berpengaruh pada piston yang terlalu panas. Ini akibat piston tidak mendapat cukup oli mesin. Piston menjadi memuai dan ukurannya lebih besar dari ukuran normalnya.

Muncul Suara “Tek Tek Tek”

Ini bukan suara tukang nasi goreng keliling yang menawarkan produknya kepada Anda. Namun, suara tek tek tek ini merupakan tanda bahwa oli mesin motor Anda berkurang atau habis. Suara tersebut muncul karena oli mesin tidak masuk ke bagian kepala silinder dan komponen ini tidak mendapat pelumasan yang cukup.

Motor Tidak Bisa Distarter

Jika Anda susah menstarter motor bahkan kendaraan Anda mati tiba-tiba, itu bisa jadi tanda oli mesin berkurang. Dengan kata lain, volume oli mesin berada di bawah normal. Anda perlu mengecek kepastian tanda ini, dan pastikan ketersediaan oli pada motor Anda cukup atau berada di level yang seharusnya.

Tarikan Motor Tertahan

Apakah Anda mengalami ketidaknyamanan berkendara karena tarikan motor terasa berat atau tertahan? Itu bisa menjadi tanda bahwa oli mesin motor Anda berkurang atau habis. Mesin motor Anda tidak mendapatkan pelumasan yang sempurna sehingga saat melajukan kendaraan, Anda merasakan tarikan yang berat. Padahal jika oli motor bisa bekerja dengan baik, tarikan mesin jadi entengnya tahan lama.

Maka jika Anda mengalami ketidaknyamanan itu, segera periksa kondisi oli mesin dan kalau perlu lakukan penggantian oli agar Anda mendapatkan tarikan yang entengnya tahan lama dari motor kesayangan Anda tersebut.

Tentu masih ada beberapa tanda lain yang mengindikasikan oli mesin berkurang atau habis. Namun yang pasti, jika Anda memang harus mengganti oli, pastikan Anda memilih oli motor yang bagus, bermutu, dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Pilih saja oli X-TEN yang bisa membuat tarikan motor Anda entengnya tahan lama.

Dengan oli X-TEN, meski Anda sudah berkendara hingga jarak hampir 5.000 km, Anda akan tetap bisa menikmati tarikan motor Anda yang entengnya tahan lama.

Salah satu alasan pengendara mengganti olinya ya agar kembali mendapatkan tarikan mesin yang enteng. Namun berbeda dengan oli lain, pengguna oli X-TEN akan merasakan tarikan mesin yang entengnya tahan lama dan ini bisa berlangsung terus sampai akhir masa pakainya. Oli X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi.

Soal kualitas, oli ini tak perlu diragukan lagi karena sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN.