Ganti Oli Sendiri di Rumah? Bisa emang? Hahaha!

Seenggaknya ada dua tempat merawat motor, baik motor matik maupun motor manual, yaitu di bengkel dan di rumah. Pengguna motor harus melakukan perawatan kendaraan di bengkel secara rutin, misalnya servis berkala atau servis besar. Namun, ada juga beberapa langkah perawatan dapat dilakukan sendiri di rumah. Salah satunya adalah ganti oli.

Lo bisa ganti oli motor matik di rumah. Apalagi kalo waktu lo banyak tersita untuk pekerjaan atau harus banyak beraktivitas di rumah. Coba ganti oli sendiri bisa lo lakukan. Saat mengganti oli sendiri di rumah, perhatikan beberapa hal berikut ya sob.

Ganti Oli Sendiri di Rumah

Persiapkan Terlebih Dahulu Alat-alatnya

Agar penggantian oli berjalan lancar, langkah pertama, persiapkan dulu alat-alatnya. Tidak sulit kok karena alat-alat untuk mengganti oli sangat sederhana, seperti corong oli, tang, kunci ring atau kunci pas, dan bak penampungan untuk oli bekas. Semua alat tersebut sesuaikan dengan motor lo, misalnya kunci ring 12 dan 17 untuk motor matik.

Setelah semua alat tersedia, segera ganti oli lama dengan oli baru yang sudah lo siapkan. Lo nggak perlu menyemprotkan angin kompresor seperti yang dilakukan di bengkel-bengkel. Menyemprotkan angin seperti ini bahkan gak disarankan karena angin kompresor mengandung uap air. Hal ini berpotensi meninggalkan air di dalam mesin dan akan berpengaruh pada kinerja oli. Mesin pun bisa cepat rusak.

Gantilah Oli dalam Kondisi Mesin Hangat

Penting diperhatikan, saat mengganti sendiri oli di rumah mesin dalam kondisi hangat. Mending hidupin terlebih dulu motor lo sekitar 1-3 menit lalu matikan. Jangan ganti oli saat mesin panas karena akan menyulitkan lo membuka baut olinya. Selain itu, suhu oli yang keluar dalam keadaan panas berbahaya pada kulit jika langsung terkena tangan.

Mengganti oli dalam keadaan mesin terlalu dingin juga gak disarankan. Itu karena oli yang telah lama mengendap akan mengental. Saat penggantian, oli akan sulit keluar dan bisa pula masih ada sisa oli yang masih menempel pada dinding mesin. Oleh karena itu, gantilah oli dalam keadaan mesin hangat agar kesehatan motor lo terjaga, meski hanya dilakukan di rumah.

Jangan Mencampur Oli

Tidak disarankan untuk mencampur oli saat lo melakukan penggantian. Jangan menggunakan merek yang berbeda, misalnya, karena setiap produk memiliki kandungan aditif yang berbeda. Sebaiknya gunakan merek oli yang sama agar mesin lo lebih aman saat proses penggantian. Jika merek oli sebelumnya kurang bagus, gantilah sekali kemudian gunakan oli yang sama secara konsisten.

Awas-awas aja kerepotan kalo mencampur oli dari merek yang berbeda. Kalaupun mau harusnya dilakukan tes terlebih dahulu apakah mesin lo bisa menerima hadirnya oli yang berbeda tersebut, dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kinerja mesin. Untuk menghindarkan diri dari kerepotan ini, setialah saja pada satu merek oli yang berkualitas.

Nah, udah pasti perhatikan juga kecocokan oli dengan motor lo. Cara ini akan lebih membuat lo aman dan nyaman saat mengganti oli di rumah. Kenali karakter motor lo, misalnya motor matik atau manual, dan pahami kebutuhannya. 

Masih Mau Ganti Oli Sendiri di Rumah?

Oli Ester Matic

Buat lo yang merasa masih ribet ganti oli sendiri di rumah ya saya saranin buat ganti oli X-TEN aja di Planet Ban.

Oli ini sangat memahami kebutuhan lo sob. Lo akan dimanjakan dengan berbagai keunggulan. Olinya tahan lama hingga 5.000 km, padahal oli motor biasanya mempunyai masa pakai antara 2.000-2.500 km aja.

X-TEN mengandung bahan yang disebut ester, yang tidak dipunyai oli lain. Bahan ini menyebabkan X-TEN jadi oli yang paling tahan lama. Penguapannya pun cukup rendah dan sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO).