Saat Indikator Oli Menyala – Sob, hal pertama sebelum jalanin mobil harus perhatiin semua lampu indikatornya. Jangan anggap remeh saat menemukan salah satu lampu indikator panel menyala. Seperti  indikator oli misalnya. 

Bila menemukan indikator oli menyala, maka itu adalah tanda bahwa ada masalah dengan sistem pelumasan. Jangan anggap remeh kondisi ini, karena jika diabaikan, maka mesin mobil bisa rusak bahkan hancur. Lo harus segera melakukan pemeriksaan dan  perbaikan yang diperlukan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Saat Indikator Oli Menyala

Saat Indikator Oli Menyala

 

Ada tiga hal penyebab indikator oli menyala, yaitu terjadi kerusakan sensor, kerusakan pompa oli, dan kurangnya jumlah oli dalam mesin. Kerusakan sensor tidak terlalu berbahaya bagi mesin. Lo masih bisa membawa kendaraan ke bengkel untuk perbaikan. 

Namun, jika yang terjadi adalah kerusakan pompa oli atau kurangnya oli, lo harus segera mematikan engine dan segera hubungi bengkel. Bila memaksakan mesin beroperasi akan terjadi kerusakan yang lebih parah, karena sistem pelumasan tidak mampu melumasi seluruh komponen mesinAkibatnya, komponen mesin akan haus dan bisa pecah. 

Nah, makanya perlu pelumas oli yang tahan lama. Sebaiknya gunakan oli berbahan ester, seperti oli X-TEN. Bahan ester  menyebabkan oli X-TEN  tahan lama, walau kualitas oli X TEN lebih panjang masanya dari oli biasa. Penguapan oli X-TEN juga cukup rendah. Masa pakai oli X-TEN hingga 15.000 KM, di atas rata-rata oli biasa.