Penyebab motor matic turun mesin – Jam 5 sore udah ditelpon temen tongkrongan, tapi lo gak bisa kasih kepastian karena motornya gak bisa nyala. Duh, ada apa nih sama motor guee??

Jalan ke bengkel ga taunya si bang lai bilang, “ini sih harus turun mesin bang!”

Nah kan! Kenapa coba tu motor harus sampe turun mesin? Gini sob. Mesin berperan sangat penting pada semua jenis kendaraan. Tanpa mesin, kendaraan apa pun, termasuk motor matik maupun manual, nggak bisa jalan. Begitu vitalnya fungsi mesin, sudah seharusnya komponen satu ini dijaga dengan baik.

Namun, nggak semua pengendara atau pemilik motor paham tentang mesin. Bahkan, banyak yang nggak tahu sama sekali cara merawat motor sehingga lalai dalam hal perawatan mesin maupun komponen lainnya.

Sangat merugikan bagi pemilik motor jika harus mengalami turun mesin lebih cepat. Sebenarnya, apa saja penyebab motor matik harus turun mesin? Berikut ini beberapa di antaranya.

Penyebab Motor Matic Turun Mesin

penyebab motor matic turun mesin

Kebiasaan Buruk Berkendara

Nasihat bijak mengingatkan, berkendaralah dengan baik, aman, dan nyaman. Biasakan memperlakukan motor lo dengan cerdas sehingga kendaraan kesayangan tidak cepat rusak. Kalo lo memiliki kebiasaan buruk berkendara, misalnya asal gas rem gas rem tanpa memperhatikan kestabilan laju kendaraan, motor lo cepat rusak.

Kebiasaan buruk menggunakan motor matik membuat suku cadang cepat rusak, aus, atau lemah. Akibat buruknya, motor lo bisa cepat turun mesin. Padahal, jika lo memiliki kepedulian terhadap motor, turun mesin bisa dicegah datang lebih cepat. Motor matik lo bahkan akan awet dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Jarang Servis Besar

Perlu juga dipertimbangkan untuk rutin melakukan servis besar terhadap motor lo. Misalnya, setahun sekali. Turun mesin bisa juga disebabkan malasnya lo melakukan servis besar ini. Bisa juga karena ketidaktahuan lo kalau servis besar secara rutin berpengaruh baik pada kondisi mesin atau kendaraan lo.

Kerak-kerak yang menumpuk di bagian pembakaran mesin dapat dibersihkan saat servis besar. Jika pengguna motor matik abai dengan servis besar, beberapa komponen motor bisa rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, motor matik lo bisa lebih cepat turun mesin.

Berkaitan dengan Usia Kendaraan

Turun mesin juga bisa terjadi karena kendaraan lo memang sudah seharusnya ganti banyak komponen. Ini biasanya disebabkan usia kendaraan yang sudah tidak muda lagi atau sudah tidak baru lagi. Motor matik yang sudah lama pun bisa turun mesin, dilakukan servis besar-besaran, agar kendaraan ini bisa berjalan dengan optimal.

Lo tinggal pilih bengkel terbaik untuk melakukan servis agar biaya turun mesin tidak terlalu mahal. Gunakan komponen orisinal untuk mengganti bagian-bagian kendaraan yang sudah rusak atau sudah harus diganti. Dengan demikian, performa motor matik lo kembali optimal dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan lo.

Telat Ganti Oli dan Dibiarkan Terlalu Lama

Lalai mengganti oli juga bisa menjadi biang kerok motor matik lo turun mesin. Oli merupakan komponen sangat penting yang menunjang performa mesin tahan. Jika tidak diperhatikan masa pakai oli atau jadwal penggantiannya, mesin bisa rusak dan berpengaruh pada bagian motor lainnya.

Oli yang telat diganti membuat suara mesin motor matik lo kasar dan bisa cepat panas. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, banyak komponen kendaraan lo hancur dan motor tidak bisa dihidupkan sama sekali. Risiko besarnya adalah kendaraan lo turun mesin lebih cepat.

Oli Ester Matic

Untuk menghindari turun mesin, jangan telat ganti oli. Selain itu, gunakan oli yang bikin mesin tahan lama. Anda bisa menggunakan oli X-TEN. Lapisan ester X-TEN memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat BBM.

Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN memiliki tingkat keausan mesin 5-10% saja. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Maka tak heran kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBM-nya.

Oli X-TEN yang sering didengar juga sebagai oli ester matic ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Lo bisa dapetin oli ini di Planet Ban.