Motor Injeksi di Gas Brebet – Sebelum kendaraan melaju dengan kencang, hal utama yang Anda lakukan adalah menarik gas. Betapa menyenangkan bila tarikan gas tidak bermasalah. Laju motor Anda tentu akan sangat lancar. Apalagi motor Anda sudah menggunakan teknologi injeksi, yang memudahkan Anda berkendara dan hemat bahan bakar.

Namun, bagaimana jika tarikan gas motor injeksi Anda tidak stabil? Misalnya, motor seperti akan mogok, padahal tidak, atau ada masalah lain yang bersumber dari gas kendaraan kesayangan Anda. Berikut ini beberapa penyebab yang bisa bikin tarikan gas motor Anda tidak stabil.

Motor Injeksi di Gas Brebet

Sensor Injeksi Rusak

Salah satu bagian motor yang penting untuk menjaga kestabilan gas adalah sensor injeksi atau injektor. Fungsi injektor pada motor injeksi adalah menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar, dengan mengubah partikel-partikel bahan bakar menjadi kabut. Jika injektor kotor, misalnya karena bahan bakarnya tidak berkualitas, semprotan bensinnya pun terganggu. Ini akan berakibat pada tarikan gas pada motor injeksi Anda tidak stabil.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membersihkan sensor injeksi dengan cairan pembersih injektor. Jika lubang injektor tertutup kotoran atau kerak, Anda bisa membersihkannya dengan sikat khusus. Gunakan pula bensin yang bermutu. Nah, jika Anda kesulitan mengatasi kerusakan sensor injeksi, segera bawa saja motor Anda ke bengkel, agar tarikan gas motor Anda kembali stabil.

Putaran Stasioner Mesin Terlalu Rendah

Agar tarikan gas stabil, putaran stasioner mesin harus standar, tidak boleh terlalu rendah. Jika bagian ini terlalu rendah maka tarikan gas menjadi tidak enak, tidak terjadi keseimbangan yang menjadi awal mula lajunya motor dengan lancar. Mungkin Anda tidak menyadari hal ini atau memang tidak mengerti bahwa putaran stasioner mesin motor Anda terlalu rendah.

Cara memecahkan masalah ini tentu saja Anda harus membawa motor kesayangan ke bengkel, yang memiliki alat untuk memperbaiki setelan putaran stasioner ini. Dengan demikian, motor injeksi Anda akan kembali normal tarikan gasnya dan Anda bisa berkendara dengan nyaman.

Tidak Sesuainya Setelan Klep

Hal yang juga penting Anda ketahui, tarikan gas yang tidak stabil dapat disebabkan tidak sesuainya setelan klep pada motor Anda. Ini akan berpengaruh pada tekanan kompresi di dalam ruang bakar. Anda harus mengetahui jarak renggang klep motor injeksi Anda. Ketika melakukan penyetelan klep, posisi piston harus berada pada top kompresi.

Mungkin tidak mudah bagi orang awam untuk melakukan penyetelan klep. Apalagi bagi orang yang tidak memahami seluk-beluk kendaraan. Lebih tepat jika Anda membawa motor Anda ke bengkel untuk diservis dan disesuaikan setelan klepnya. Ini akan mempermudah langkah Anda untuk mengatasi tarikan gas yang tidak stabil akibat setelan klep bermasalah.

Perhatikan Juga Beberapa Penyebab Ini

Selain beberapa sebab di atas, masih ada kemungkinan lain penyebab tarikan gas motor Anda tidak stabil. Misalnya, saringan udara tidak berfungsi, jarak renggang busi yang kurang pas, dan tekanan bahan bakar yang kurang. Selain itu, cek juga apakah oli yang Anda gunakan benar-benar berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Salah pilih oli, tarikan gas motor injeksi Anda bisa terganggu alias tidak stabil.

Gunakan saja oli X-TEN yang bikin tarikan gas motor injeksi Anda stabil dan entengnya tahan lama. Oli motor ini membuat tarikan motor injeksi Anda tetap enteng dengan masa pakai hampir 5.000 km. Banyak pengendara yang mengganti oli untuk kembali mendapatkan tarikan mesin yang enteng. Berbeda dengan oli lain, pengguna X-TEN akan merasakan tarikan mesin yang entengnya tahan lama dan berlangsung terus sampai akhir masa pakainya. X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi.

Soal kualitas tenang saja, Oli X-TEN juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Anda bisa mendapatkan X-TEN di Planet Ban, untuk membuat tarikan gas motor Anda stabil dan enteng dalam jangka waktu yang lama.