Motor Matic Injeksi – Sehebat-hebatnya teknologi, ada kelemahannya jua. Itu pun berlaku pada motor matik yang merupakan kendaraan paling diminati di era masa kini. Di sela-sela banyak keunggulan yang ditawarkan, seperti kemudahan dan kepraktisan dalam berkendara, tetap ada masalah yang perlu diwaspadai dan direspons dengan baik.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada motor matik bisa menjadi salah satu cara Anda untuk merawatnya dengan baik. Bukannya sebaliknya, Anda membiarkan saja masalah yang sering muncul sehingga motor matik Anda menjadi cepat rusak. Apa saja masalah yang biasanya dialami motor matik itu? Berikut beberapa di antaranya.

Motor Matic Injeksi

Tarikan Gas Tidak Mulus Saat Anda Berkendara

Naik motor dengan tarikan gas yang enteng, lancar, tidak tersendat-sendat merupakan kenyamanan tersendiri. Apalagi untuk motor matik, yang sangat praktis dikendarai; cukup gas rem gas rem. Namun, masalah biasanya muncul ketika motor matik digunakan terlalu lama. Tarikan gas tidak mulus atau suka nyandat.

Penyebab masalah tersebut bisa karena sumbatan di lubang kecil pada tutup tangki yang berfungsi sebagai ventilator. Sumbatan ini membuat sirkulasi udara hilang. Bensin menjadi tidak mengalir. Anda harus memastikan lubang ventilator tutup tangki tidak kotor atau tidak tersumbat. Buang kotoran yang menyumbat lubang dengan kompresor.

Rem Cepat Rusak

Salah satu komponen motor matik yang cepat rusak adalah rem. Ini wajar karena rem sering digunakan, apalagi jika Anda kerap melewati jalan turunan. Rem motor Anda pun jadi tidak cakram lagi alias kampas remnya perlu diganti. Jangan biarkan rem yang sudah tidak berfungsi dengan baik karena komponen ini sangat berperan dalam keselamatan Anda berkendara.

Masalah rem yang cepat rusak ini harus benar-benar Anda antisipasi. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari rem blong, yang akan menyulitkan Anda dalam mengendalikan laju kendaraan. Tak usah ragu lagi, bawa ke bengkel dan kampas rem motor matik Anda segera diganti.

Motor Mendadak Mati

Seakan merupakan masalah sepele, gara-gara setelan klep yang terlalu rapat, motor Anda mendadak mati. Karena celah yang terlalu rapat, mesin jadi cepat panas dan akselerasi kurang. Ini jadi biang kerok motor matik Anda tiba-tiba tidak mau nyala, tidak mau diajak melaju di jalanan, menunggu respons Anda menyelesaikan masalahnya.

Namun, Anda akan sulit mengatasi masalah ini sendirian karena membutuhkan penyetelan yang sesuai standar pabrik motor matik Anda. Untuk itu, bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk dilakukan pengaturan setelan klep. Nah, masalah motor pun selesai, Anda bisa melaju kembali dengan lancar di atas tunggangan kesayangan.

Mesin Jadi Cepat Panas karena Sirkulasi Oli Tersumbat

Komponen satu ini juga menjadi andalan kendaraan untuk bisa bergerak dengan lancar: mesin. Motor matik dengan mesin yang adem tentu akan memberi kenyamanan Anda dalam berkendara. Namun, masalah bisa muncul dari mesin yang jadi cepat panas. Penyebabnya adalah sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat.

Mesin jadi cepat panas atau overheat ini terjadi karena ring piston kering, mengakibatkan motor mendadak mati. Mengatasi masalah ini sebenarnya sederhana, istirahatkan dulu motor Anda, dan tunggu dingin baru Anda melanjutkan berkendara. Anda juga perlu mempertimbangkan dalam pemakaian oli yang berkualitas.

Agar mesin tidak cepat panas, gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Karena kendaraan Anda adalah motor matik, gunakan oli yang khusus untuk motor matik. Selain itu, pakailah oli yang bikin mesin tahan lama.

Anda bisa memakai oli X-TEN untuk hal ini sehingga masalah yang biasa terjadi pada motor matik Anda, yakni mesin jadi cepat panas, bisa diatasi. Lapisan ester pada oli X-TEN memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat BBM serta tentu membuat mesinnya tahan lama.

Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan oli X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBM-nya dan mesinnya tahan lama.

Oli X-TEN juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Ini tentu melegakan karena Anda tidak akan salah pilih oli dan mengurangi masalah yang biasa terjadi pada motor matik. Anda dapat membeli X-TEN di Planet Ban.