Motor Matic Bunyi Kletek-Kletek – Daya pikat motor matik sangat beragam, baik itu dari sisi bodinya yang stylish atau modern, hingga jeroannya, seperti kinerja mesin yang dapat diandalkan untuk Anda berkendara dengan nyaman. Tidak mengherankan bila banyak orang menyukai motor jenis ini dan menggunakannya untuk berbagai aktivitas. Salah satu yang membuat terpikat adalah suara mesin yang halus saat motor digas. Ini tentu sangat memanjakan Anda dalam berkendara.

Namun, jika motor matik Anda kemudian mengeluarkan bunyi saat digas, segera periksa. Bunyi motor saat digas tentu sangat mengganggu kenyamanan Anda berkendara. Setidaknya ada satu hal yang kurang prima pada motor Anda yang perlu segera diketahui dan diservis. Sebaiknya Anda tahu penyebab yang bikin motor matik Anda berbunyi tak enak saat digas. Berikut ini beberapa di antaranya.

Motor Matic Bunyi Kletek-Kletek

Mangkok Kopling Bermasalah

Motor matik yang mengeluarkan bunyi saat digas tentu membuat Anda tidak nyaman. Dari beragam kemungkinan penyebabnya, salah satunya adalah mangkuk kopling bermasalah. Dalam hal ini, casing dan mangkuk kopling perlu direkatkan kembali agar bunyi yang mengganggu bisa dicegah. Seiring perjalanan waktu, lem perekat kedua komponen ini bisa habis.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Cara mengatasi mangkok kopling yang bermasalah ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu memberikan lem, seperti lem besi, pada bagian tersebut. Jika Anda tidak memahami caranya, alangkah baiknya membawa motor matik Anda ke bengkel. Dengan demikian, persoalan mangkok kopling dapat diatasi dan motor Anda kembali nyaman saat digas, mulus, halus, tidak mengeluarkan bunyi yang mengganggu.

Gas yang Berlebihan

Ini mungkin terkesan sepele dan berkaitan dengan kebiasaan berkendara. Jika Anda terbiasa main gas berlebihan, lama-kelamaan motor matik Anda akan mengeluarkan bunyi yang mengganggu. Perhatikan juga cara melajukan kendaraan kesayangan Anda. Jika dari kondisi diam, jangan buru-buru melajukan motor dengan kencang. Cara main gas seperti itu akan mengakibatkan suara motor matik Anda menjadi kasar.

Kebiasaan yang baik dalam berkendara akan menjauhkan Anda dari gangguan bunyi motor yang kasar saat digas. Kendaraan Anda juga menjadi awet dan enak dikendarai, aman dan nyaman mengaspal di jalan raya. Sebaliknya, kebiasaan mengegas yang berlebihan hanya akan membawa Anda pada risiko motor sering rewel, salah satunya lewat bunyi yang mengganggu.

Gearbox Sudah Aus

Komponen yang juga berperan penting pada kinerja motor matik adalah gearbox. Kendaraan andalan Anda punya performa bagus juga karena gearbox masih dalam kondisi baik-baik saja. Sebaliknya, jika komponen ini sudah aus maka masalah pun muncul; timbul celah antarmata gigi. Kondisinya juga semakin tidak presisi. Akibatnya, timbul bunyi yang tidak enak pada motor matik Anda.

Solusi mudahnya, segera bawa motor Anda ke bengkel untuk penanganan gearbox dengan saksama. Sambil melakukan servis, pengecekan komponen lain dapat dilakukan, seperti mengecek roller, v-belt, dan kampas kopling, untuk memastikan motor matik Anda aman dari bunyi yang kasar atau tidak enak didengar dan mengganggu berkendara Anda.

Dan yang tak kalah penting perhatikan juga olinya. Agar mesinnya halus, tidak muncul bunyi tak sedap, Anda bisa memilih oli yang bikin mesin tahan lama. Dengan demikian, kinerja motor matik Anda bisa terjaga dan awet, tidak bermasalah pada mesin yang juga dapat memunculkan bunyi kasar saat kendaraan digas. Oli X-TEN bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lapisan ester pada X-TEN memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin akan tetap adem, bersih, bertenaga, dan hemat BBM serta mesinnya tahan lama. Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBM-nya.

Soal kualitas, oli ini tak perlu dilakukan karena telah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Anda juga tak perlu khawatir dengan kehadiran oli palsu sebab oli X-TEN hanya bisa Anda dapatkan di Planet Ban sehingga terjamin keasliannya.

Jadi tunggu apalagi, segera ganti oli Anda dengan oli X-TEN, selain bisa mengurangi suara berisik pada mesin, oli ini juga mampu membuat mesin tahan lama dan hemat bahan bakar.