Komponen CVT Motor – Motor matik mendominasi jalan raya dibandingkan dengan kendaraan jenis lain, seperti motor manual atau motor sport. Kedigdayaannya dipengaruhi banyak komponen penting yang dibenamkan dalam tubuh kendaraan tanpa persneling perpindahan gear secara manual ini. Salah satu komponen pentingnya adalah continuously variable transmission (CVT), alat penggerak otomatis pada motor matik.

Meski merupakan teknologi canggih dan diandalkan, CVT pada motor matik tetap saja memiliki durasi pemakaian. Dengan kata lain, pada batasan waktu tertentu, perangkat ini harus diganti untuk menjaga kinerja motor tetap prima. Setidaknya, ada beberapa tanda yang membuat Anda wajib mengganti komponen CVT ini. Beberapa tanda tersebut antara lain sebagai berikut.

Komponen CVT Motor

Setelah Menempuh Jarak 20.000 Km

Ada ketentuan pada jarak tertentu, CVT harus diganti. Misalnya, setelah motor matik menempuh jarak 20.000 km, Anda perlu melakukan penggantian CVT. Itu bisa menjadi pegangan Anda, sebagai tanda, bahwa komponen ini perlu diganti demi menjaga performa kendaraan kesayangan Anda. Jika Anda tidak mengganti komponen CVT karena berbagai pertimbangan, kinerja motor matik Anda tidak dapat maksimal.

Tanda-tanda kerusakan CVT sebenarnya sudah dapat Anda ketahui pada rentang jarak tempuh 10.000-20.000 km. Ada beberapa kerusakan pada beberapa komponen tertentu, biasanya pada roller atau v-belt. Ini misalnya ditandai dengan bunyi kasar saat pertama kali Anda menyalakan motor. Saatnya Anda mulai mengganti CVT karena faktor usia pakai.

Tarikan Motor Sudah Tak Enak Lagi

Pengalaman membahagiakan saat berkendara ketika kita bisa menikmati tarikan motor yang enteng, tidak bermasalah, dan lajunya lincah. Itu bisa terjadi jika komponen-komponen kendaraan dalam keadaan prima, belum ada kerusakan yang perlu diganti, atau ada bagian yang kotor yang harus dibersihkan.

Namun, ketika Anda sudah merasakan tarikan motor tidak seperti biasanya, itu bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada CVT. Motor matik kesayangan Anda membutuhkan tenaga prima kembali agar nyaman dikendarai.

Apalagi kendaraan sudah tidak bisa diajak untuk menanjak atau saat jalan naik, motor Anda tidak cukup tenaga untuk melaluinya. Segera lakukan servis agar masalah pada komponen CVT dapat segera diatasi.

Boros Bahan Bakar

Tenaga motor yang sudah tidak prima lagi, loyo, membutuhkan banyak usaha untuk bergerak, membuat konsumsi bahan bakar minyak pun makin banyak. Akibatnya, motor matik Anda yang semula irit bensin menjadi boros. Merogoh kocek lebih dalam untuk beli bensin membuat Anda harus mengeluarkan anggaran lebih untuk biaya transportasi.

Tanda tersebut perlu segera Anda respons dengan mengganti komponen pada CVT, agar motor kembali irit BBM. Bawa saja motor kesayangan ke bengkel terpercaya untuk diservis dan diganti bagian-bagian CVT yang perlu diganti. Barengi juga dengan rajin servis kendaraan maka masalah atau kerusakan akibat komponen motor matik Anda sudah tidak bisa berfungsi dapat cepat diatasi.

Anda juga perlu menggunakan oli yang tepat agar tarikan motor Anda entengnya tahan lama. Oli X-TEN bisa Anda jadikan pilihan. Menggunakan X-TEN, meski motor Anda menempuh perjalanan hampir 5.000 km, tarikannya akan tetap enteng. Ini akan menyenangkan Anda yang gemar berkendara untuk berbagai keperluan, baik untuk pekerjaan, turing, atau sekadar tamasya.

Banyak pengendara yang mengganti oli untuk kembali mendapatkan tarikan mesin yang enteng. Berbeda dengan oli lain, pengguna X-TEN akan merasakan tarikan mesin yang entengnya tahan lama, dan berlangsung terus sampai akhir masa pakainya. X-TENjuga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi.

Oli X-TEN juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Jadi, segera ganti oli Anda dengan X-TEN untuk mendapatkan tarikan yang entengnya tahan lama. Anda bisa mendapatkan X-TEN di Planet Ban sehingga keaslian olinya tetap terjamin.