Filter Motor Matic – Lagi, lagi, mesin! Komponen ini memang seakan menjadi rajanya kendaraan. Tanpa kinerja mesin yang baik, motor Anda tidak akan bisa jalan. Jika mesin ‘memerintahkan’ dengan baik kendaraan Anda untuk melaju maka melajulah motor Anda. Sebaliknya, jika mesin bermasalah, motor Anda pun bisa ngambek. Di dalam mesin juga tertanam banyak komponen dan tidak bisa dipisahkan dari peran filter.

Mesin motor memang rawan kotoran atau debu, yang bisa memasuki area dalam mesin. Untuk itulah, komponen ini diproteksi oleh filter untuk mengurangi risiko rusaknya mesin oleh beragam komponen eksternal. Seperti Anda pahami, komponen luar kendaraan atau eksternal yang bersinggungan dengan kinerja mesin adalah udara, bensin, dan oli. Ketiga hal ini difilter agar kotoran-kotorannya tidak mengganggu performa mesin. Nah, berikut ini yang perlu Anda perhatikan agar kinerja mesin tidak bermasalah.

Filter Motor Matic

Udara

Komponen dari luar motor yang mudah membawa masalah pada kinerja mesin adalah udara. Untuk itulah filter udara sangat penting dan perlu dijaga kebersihannya. Filter udara merupakan komponen kendaraan yang sangat mudah kotor. Apalagi jika motor sudah lama Anda kendarai, baik dalam jarak dekat maupun jauh, kotoran dan debu mudah menumpuk di filter udara.

Kondisi ini membuat pasokan udara bersih terganggu atau mampet. Porsi udara dan bensin pun menjadi tidak seimbang, membuat kinerja mesin bermasalah. Mesin mudah loyo dan boros bahan bakar. Untuk itu, bersihkan saringan udara agar performa mesin tidak terganggu. Buka saja boks filternya. Kemudian, ketuk filter udaranya ke lantai yang bersih agar kotoran rontok. Anda juga perlu melakukan penggantian filter jika kondisinya sudah sangat parah.

Bensin

Selain udara, bahan bakar yang steril alias bersih dari kotoran lain perlu Anda perhatikan. Konsumsi bensin pada motor Anda sangat berpengaruh pada kinerja mesin. Jika bensin kotor, tercampur debu atau kotoran lain, mesin motor mudah ngambek, dan tarikannya pun menjadi berat. Belilah bensin di tempat yang benar-benar bisa menjamin bahan bakar ini tidak membawa masalah pada motor Anda.

Hal yang tidak perlu dikhawatirkan, motor keluaran terbaru dilengkapi dengan filter bensin, terutama jenis motor injeksi. Filter ini yang menahan semua kotoran yang dapat mengganggu mesin motor Anda sebelum disalurkan ke karburator atau injektor. Namun, filter lama-lama akan menjadi kotor dan dapat mengganggu alur bensin ke karburator atau injektor. Periksalah filter bensin ini secara berkala agar kondisi mesin terjaga dengan baik.

Oli

Komponen lain yang berasal dari luar motor adalah oli. Fungsi utamanya sebagai pelumas, memperkecil gesekan antarkomponen pada mesin motor Anda. Seiring bertambahnya usia mesin dan masa pakai oli, gesekan komponen masih bisa terjadi, seperti kampas kopling pada motor manual. Residu kampas bisa bercampur dengan oli.

Di sinilah pentingnya fungsi filter oli, menangani kotoran yang terjadi dan melindungi kinerja mesin. Seiring perjalanan waktu, filter oli ini perlu Anda perhatikan untuk dilakukan penggantian secara berkala. Misalnya, setelah 4-5 kali ganti oli, Anda perlu mengganti filternya. Namun, itu juga tergantung pada tipe maupun usia kendaraan Anda. Hal yang penting, sirkulasi oli harus terjaga dengan baik agar motor Anda tidak rewel.

Anda bisa mengganti filter oli barengan dengan ganti oli baru. Jangan lewatkan untuk mengganti oli dengan oli bermutu, yang bisa menjamin keawetan mesin motor Anda. Oli X-TEN dapat menjadi pilihan terbaik Anda. Olinya tahan lama, karena bisa dipakai hingga jarak tempuh 5.000 km, sementara oli motor biasa mempunyai masa pakai antara 2.000-2.500 km.

Kandungan bahan ester yang ada dalam oli X-TEN, yang memang jarang dimiliki oli lain dapat membuat olinya tahan lama. Dan yang menarik, walaupun masa pakai oli X-TEN lebih panjang dari oli biasa, penguapan X-TEN cukup rendah. Ini juga salah satu alasannya mengapa olinya bisa tahan lama.

Soal kualitas, oli ini tak perlu diragukan sebagai oli berkualitas karena oli ini sudah memiliki sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Sekarang Anda tinggal membeli oli X-TEN di Planet Ban dan dapat merasakan bagaimana oli X-TEN, olinya tahan lama.